Welcome to Iamfauzie.blogspot.com - Welcome To My Blog's - Welcome to Iamfauzie.blogspot.com - Welcome To My Blog's - Welcome to Iamfauzie.blogspot.com - Welcome To My Blog's - Welcome to Iamfauzie.blogspot.com - Welcome To My Blog's

Senin, 26 Desember 2011

Asal Mula Kwitang

Apa Anda tahu asal-muasal nama kelurahan di Jakarta Pusat, Kwitang? Syaiful Amri mengemas cerita asal-usul ini dalam bentuk pertunjukan teater.

Sumber foto: wagejava.blogspot.com 
Sumber foto: wagejava.blogspot.com


Asal-mula nama Kwitang sampai kini masih memiliki beberapa versi. Versi pertama, nama Kwitang berasal dari nama seorang tuan tanah China yang kaya-raya di daerah tersebut. Saking kayanya, hampir semua tanah di daerah itu adalah milik si tuan tanah. Namanya Kwik Tang Kiam. Orang Betawi menyebut kampungnya si Kwi Tang. Kwik Tang Kiam punya anak tunggal. Ia dikenal suka berjudi dan mabuk. Maka, ketika Kwik Tang Kiam meninggal, anak tersebut menjual semua tanah kepada saudagar Arab. Hal ini menjawab kenapa akhirnya banyak orang Arab tinggal di Kwitang.
Versi kedua, versi David Kwa yang mengatakan bahwa Kwitang berasal dari frase "gnuidang", yakni nama provinsi Guangdong dalam lafal Hokkian logat Ciangciu/Zhangzhou, logat Hokkian yang paling banyak dipakai di Jawa. Dalam logat Emui/Xiamen, lafalnya adalah Gngdang. David Kwa sendiri tidak percaya kalau Kwitang berasal dari nama Kwik Tang Kiam. Alasannya ada beberapa. Pertama, di Batavia dan Jawa Barat, tidak ada marga Kwik. Yang ada adalah Kwee, misalnya Luitenant der Chineezen Kwee Hoen Khoa/Guo Xun Guan, yang menurut Khaij Pa Lek Taij Soe Kie (Sejarah Pembangunan Batavia), merupakan pendiri Kelenteng Kim Tek Ie pada 1650. Marga Kwik adanya di Jawa Tengah, Kwik Kian Gie, misalnya, yang keluarganya berasal dari Lasem (PCMIIW) yang pindah ke Semarang. Kedua, David Kwa tidak pernah menemui kasus bahwa nama tuan tanah dijadikan nama tempat. Di Residentie Batavia dan sekitarnya doeloe banyak sekali tanah partikulir, yang dijual Daendels kepada orang Eropa, Tionghoa, dan Arab. Tidak ada satu pun yang kita ketahui memakai nama tuan-tanah sebagai namanya.
Perdebatan masih berlangsung sampai sekarang. Yang jelas, kisah asal-usul Kwitang versi pertama akan dipentaskan dalam bentuk komedi Betawi berjudul Kwik Tang Kiam. Kapan? Sabtu, 25 Juni 2011 di Plaza Taman Ismail Marzuki jam 19.30. Syaiful Amri dengan dibantu Andi Suhandi di bagian musik, M. Yamin di kostum, Ni Nengah untuk make-up, dan Maulana Firdaus menjadi asisten sutradara. Sila nonton. Pementasan ini gratis dan dibuka untuk umum.

Tidak ada komentar: